The Avengers

Posted: Mei 6, 2012 in Ulasan Film
Tag:

Tanggal rilis: 4 Mei 2012 (US)
Sutradara: Joss Whedon
Pemain: Robert Downey, Jr., Chris Hemsworth, Chris Evans, Jeremy Renner, Mark Ruffalo, Scarlett Johansson, Clark Gregg, Samuel L. Jackson, Cobie Smulders.

Beberapa tahun belakangan ini Marvel gencar sekali mengangkat jagoan-jagoan mereka ke layar lebar, tentu saja di bawah bendera Marvel Studios. Suatu langkah yang sengaja diambil oleh Marvel untuk proyek besar mereka, menyatukan seluruh jagoan-jagoan super yang pernah mereka angkat ke layar lebar didalam satu film.

Sama seperti novel grafisnya, The Avengers menampilkan jagoan-jagoan super Marvel seperti Captain America, Iron Man, Thor, Hulk, Hakweye, Black Widow, dll. Memang tidak semua anggota The Avengers bisa ‘ditampilkan dalam film mash-up superhero pertama Marvel ini, tapi tetep, kehadiran ‘the Big Three’ Captain America, Iron Man dan Thor cukup melengkapi lini tim ini.

Secara garis besar, The Avengers mengambil cerita asli novel grafis pertama The Avengers dengan menampilkan Loki, saudara angkat Thor menjadi musuh utama. Tentu saja Loki tidak bisa sendirian menghadapi kumpulan jagoan-jagoan bumi, dia dibantu oleh sebuah ras alien bernama Chitauri. Ambisi Loki adalah untuk mengambil alih bumi dan menjadikan manusia sebagai budaknya.

Begitu banyaknya karakter yang harus tampil tidak membuat setiap tokoh terabaikan, Berbeda dengan X-Men atau G.I. Joe yang menampilkan banyak karakter karena memang kisah aslinya seperti itu, The Avengers adalah sekumpulan Jagoan-jagoan super yang sebelumnya memiliki kisah dalam novel-novel grafis terpisah yang berdiri sendiri. Sehingga perlu untuk tetap menonjolkan karakter dari masing-masing tokoh secara pas agar jadinya tidak hanya terkesan tempelan saja. Hal ini yang berhasil dilakukan oleh sutradara Joss Whedon.

Pertarungan penutup ditampilkan dengan megah dan menghadirkan sinematografi yang indah, terutama saat transisi perpindahan kamera dari satu tokoh ke tokoh lainnya. Mulus sekali. Humor yang ditampilkan juga cukup membuat penonton tertawa tanpa merasa itu terlalu berlebihan. Tampaknya sang sutradara memiliki selera humor yang bagus. Satu hal yang terlihat jelas adalah perkembangan karakter Tony Stark/Iron Man dari yang sombong dan selalu terkesan lari dari masalah, menjadi pribadi yang rela berkorban demi kebersamaan tim The Avengers.

Satu hal yang kurang disini adalah sedikitnya keterlibatan agen-agen S.H.I.E.L.D. dalam pertempuran besar. Setidaknya mereka bisa dijadikan figuran untuk melawan banyaknya Chitauri yang datang menyerang bumi, tentu pertmpuran akan semakin epik. Apalagi Steve Rogers/Captain America begitu berwibawa saat memberikan perintah dan strategi kepada timnya, sayang kalau hanya harus memimpin sebuah tim kecil.

-Adjie-

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s