Lust, Caution [Se, Jie]


Tahun Rilis : 2007
Sutradara : Ang Lee
Pemain :
Tony Leung Chiu Wai, Tang Wei, Lee-Hom Wang, Joan Chen, Tou Chung-Hua, Chu Chih-Ying, Chin Ka Lok, Anupam Kher

Film ini berseting tahun 1942, saat Shanghai masih menjadi bayang2 pihak Jepang. Diceritain kalo ada sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam grup teater. Disetiap pertunjukannya, mereka selalu menyelipkan pesan2 perjuangan. Karena cintanya pada negara, mereka merencanakan suatu skenario untuk membunuh seorang kaki tangan Jepang bernama Tuan Yee. Mereka menganggap Tuan Yee sebagai pengkhianat bangsa.

Dalam skenario itu mereka mengutus seorang perempuan bernama Wong Chia Chi untuk menyamar sebagai Nyonya Mak, seorang isteri pengusaha ekspor-impor barang dari Shanghai. Wong Chia Chi harus mendekati Tuan Yee untuk mempelajari setiap gerak-geriknya.

Para mahasiswa ini gagal melancarkan aksinya, dan mereka harus kembali ke tempat asal mereka. 3 tahun kemudian, mereka bergabung kembali dengan kelompok mata2 dan mulai bekerja lebih profesional. Wong Chia Chi dipanggil kembali untuk melaksanakan bagiannya dalam misi ini. Awalnya semua berjalan baik, sampai akhirnya Wong Chia Chi jatuh cinta pada Tuan Yee. Berbagai konfik dari kedua belah pihak yang bertikai pun menjadi semakin tegang, belum lagi masalah batin dalam diri Wong Chia Chi.

Film ini berhasil meraih Golden Horse Awards sebagai Best Film, Best Director [Ang Lee], Best Actor [Tony Leung], Best New Performer [Tang Wei], Best Screenplay – Adapted [Hui Ling Wang and James Schamus], Best Makeup & Costume Design [Pan Lai], Best Original Score [Alexandre Desplat]. Film ini mengandung kontroversi karena beberapa adegannya yang terlalu vulgar dan kandungan politiknya yang sensitif, di China film ini kena sensor potong sebanyak 7 menit, di negara2 Asia lainya kena sensor potong selama 15 menit, di Taiwan dan Hong Kong sempat dilarang beredar, tapi kemudian tayang dengan banyak potongan dan diberi label kuning [film terbatas]

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s