20th Century Boys


vap_n

Tahun Rilis: 2008

Sutradara: Yukihiko Tsutsumi

Pemain : Toshiaki Karasawa, Etsushi Toyokawa, Takako Tokiwa, Airi Taira, Fujiki Naohito, Arata Furuta, Bengal, Yoriko Douguchi, Kenichi Endo, Fumiya Fujii, Takashi Fujii.

Apa yang akan kamu lakukan bila tiba-tiba khayalan masa kecilmu menjadi kenyataan dan menyebabkan ratusan bahkan mungkin ribuan nyawa manusia melayang karenanya? Akankah kamu berdiam diri menyaksikan semua kehancuran itu, ataukah akan berjuang untuk berusaha menghentikannya? Kenji, seorang pemuda yang mengurus convinience store bernama King Mart harus menghadapi dilema saat khayalan masa kecilnya tiba-tiba menjadi kenyataan. Semua bermula pada tahun 1969, saat dia dan teman-teman masa kecilnya memutuskan untuk membuat tempat persembunyian rahasia dimana mereka menyimpan segala sesuatu disana. Dalam “markas rahasia” itu jugalah, Kenji bersama sahabatnya, Otcho membuat satu cerita tentang seorang penjahat yang mencoba untuk menguasai dunia dengan cara menyebarkan kekacauan melalui senjata biologis yang mampu membunuh manusia dalam waktu singkat.

Sebuah film yang diangkat dari manga (baca: komik) terkenal karya Naoki Urasawa. Tanpa menilik dari manganya, film ini sendiri memiliki plot yang lumayan rumit bagi sebagian orang namun disusun dengan sangat rapi sehingga memudahkan bagi mereka yang belum pernah membaca manganya. Penempatan flashback yang menjadi inti cerita dan pengenalan karakter yang cukup baik membuat film ini enak ditonton walaupun kamu belum pernah membaca manganya. Sang sutradara berhasil mengadaptasi manga ini kedalam bentuk nyata, sebuah film. Teka-teki bertebaran sepanjang film, namun secara perlahan dibuka satu persatu baik itu melalui narasi ataupun penggambaran langsung yang ditampilkan melalui flashback dan cuplikan-cuplikan yang kadang diselipkan dalam beberapa adegan.

Merupakan sebuah tantangan besar untuk menghidupkan sebuah cerita yang disukai oleh banyak orang. Sejarah perfilman banyak mencatat kegagalan seorang sutradara dalam menghidupkan sebuah cerita ke layar lebar, walau tidak sedikit pula yang sukses. Yukihiko Tsutsumi adalah salah satu sutradara yang berhasil melakukan itu. Film yang berdurasi 2 jam lebih ini tidak membosankan, malahan terus-terusan memancing emosi penonton untuk tau apa yang akan terjadi selanjutnya. Karakterisasi para tokoh penting disajikan dengan tepat, lokasi pengambilan gambar juga terlihat sekali di pilih dengan pertimbangan yang teliti, terutama saat adegan masa lalu dan masa depan di persimpangan tempat toko Kenji yang dulu dan sekarang. Secara keseluruhan, film ini sangat memuaskan.

-Adjie-

Satu pemikiran pada “20th Century Boys

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s