The Day The Earth Stood Still


day-the-earth-stood-still-poster-0

Tahun Rilis: 2008

Sutradara: Scott Derrickson

Pemain: Keanu Reeves, Jennifer Connelly, Jaden Smith

Sebuah film fiksi ilmiah yang kembali hadir meramaikan bioskop dunia. Diangkat dari film berjudul sama buatan tahun 1951 yang disutradarai oleh Robert Wise, menceritakan tentang makhluk ruang angkasa yang biasa disebut Alien yang datang kebumi untuk menyelamatkan bumi. Sayangnya yang dimaksud dengan menyelamatkan bumi disini adalah memusnahkan spesies manusia yang sudah beratus-ratus tahun menduduki bumi.

Berawal dari datangnya sebuah bola misterius dari langit yang jatuh di pegunungan di India. Seorang pendaki gunung berusaha mencari tahu apa yang terjadi. Sesaat kemudian dia tak sadarkan diri setelah sebelumnya melakukan kontak langsung dengan bola cahaya misterius tersebut. Adegan berganti beberapa tahun kemudian, di tahun 2008 saat seorang astrobiologis bernama Helen Benson didatangi oleh sekelompok orang yang sepertinya bekerja untuk badan pertahanan negara. Helen bukan satu-satunya pakar yang diminta untuk datang. Ada beberapa lagi selain Helen. Setelah mereka saling bertanya satu sama lainnya, akhirnya jelaslah apa yang terjadi. Sebuah bola misterius raksasa sedang mendekati bumi dan akan menghantam bumi dalam waktu kurang dari satu hari. Bola misterius yang mereka kira akan menghancurkan bumi ternyata adalah sebuah media seperti pesawat luar angkasa yang mengangkut Alien bernama Klaatu dan robot raksasanya, Gort.

Untuk sebuah film remake, The Day The Earth Stood Still lumayan berhasil, terutama dalam hal efek spesial yang tentu saja jauh lebih baik dari film aslinya ditahun 1851. Garis besar cerita tidak dirubah, hanya saja tema yang diangkat diganti. Kalau dulu penyebab Klaatu datang karena adanya perang dingin di bumi, sekarang diganti menjadi isu nuklir yang menyebabkan bumi perlahan-lahan terpolusi. Klaatu mewakili bangsanya, ditugaskan untuk membersihkan bumi dari manusia dan menyelamatkannya dari polusi yangdi timbulkan oleh umat manusia.

Karena film ini ingin tetap berpegang pada cerita aslinya, beberapa adegan jadi terlihat klise dan membosankan bagi beberapa orang. Wajar saja, karena hal seperti ini sudah lumrah terjadi untuk film-film hasil remake. Yang menbuat film ini menarik tentu karena pemain dan suguhan efek spesial yang gila-gilaan. Selebihnya, biasa saja, malah bisa dibilang tidak menghadirkan sesuatu yang baru. Hal ini kembali menimbulkan pertanyaan yang terus akan terulang, ada apa dengan dunia perfilman Hollywood? Sudah habiskah penulis berbakat mereka sehingga penonton terus menerus disuguhi oleh film-film remake, adaptasi komik atau novel, dan tak jarang adaptasi dari video game dan serial TV? Kemana kreatifitas mereka? Memang sulit kalau uang sudah berbicara. Apa saja yang sudah lebih dulu dikenal orang banyak dan cepat mendatangkan keunguntungan menjadi pilihan utama.

-Adjie-

Satu pemikiran pada “The Day The Earth Stood Still

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s