Slumdog Millionaire


slumdog-millionaire-poster

Tahun rilis: 2008

Sutradara: Danny Boyle & Loveleen Tandan

Pemain: Dev Patel, Freida Pinto, Anil Kapoor, Irrfan Khan, Ayush Mahesh Khedekar, Tanay Chheda, Saurabh Shukla, Mahesh Manjreka.

Sebuah harapan yang dipupuk diatas rasa sakit dan luka yang dalam. Berjuang untuk dapat hidup dan menemukan cinta sejati. Jamal Malik,  seorang pemuda tanggung yang besar dalam lingkungan kumuh Mumbai,  India. Tinggal di perkampungan muslim, Jamal dan Salim, kakaknya hidup bersama sang ibu. Seperti layaknya anak-anak. Jamal dan Salim terkadang berbuat nakal dan membuat pusing ibunya. Tidak jarang juga mereka dikejar-kejar oleh polisi atau diberi hukuman oleh guru mereka. Kisah kelam bermula saat perkampungan mereka diserbu oleh sekelompok Hindu yang tidak suka akan keberadaan Muslim didaerah itu.  Ibu mereka menjadi korban kebrutalan dan meninggal seketika. Jamal dan Salim menjadi yatim piatu dan harus berjuang untuk hidup.

Pertemuan Jamal dengan Latika adalah awal dari sebuah kisah sedih yang mengundang simpati. Suka lebih sedikit dari pada duka. Salim yang merasa sebagai kakak mulai berbuat semena-mena dan selalu ingin dituruti setiap kemauannya. Beberapa kali Jamal harus mengalah dan menuruti setiap permintaan kakaknya. Kebencian perlahan timbul dalam hati Jamal. Salim yang sebenarnya sangat menyayangi adiknya, sayang setiap tindakannya selalu salah dan malah merugikan Jamal. Jamal pernah sekali kehilangan Latika dan saat kedua kalinya mereka harus berpisah, hubungan Jamal dengan Salim memburuk dan akhirnya Jamal hidup sendiri.

Perjuangan Jamal tidak berhenti sampai disitu. Melalui rekan kerjanya, Jamal mengetahui sebuah acara kuis yang sangat terkenal di India, Who Wants To Be A Millionaire. Jamal tahu kalau Latika menyukai acara ini. Melalui media ini lah Jamal berjuang untuk mengejar cinta pertamanya. Berbagai rintangan tentu saja berusaha menghalangi langkahnya. Fitnah, perlakuan semena-mena, pengkhianatan, tidak menghentikan langkah Jamal.

Pada awalnya tidak ada ekspektasi berlabihan sebelum menonton film ini. Ternyata hal tersebut malah berhasil membuat nilai film ini menonjol. Penceritaan dibawakan dengan baik dan terarah. Ada banyak hal-hal ganjil yang bisa dipertanyakan dan terlalu banyaknya kebetulan-kebetulan yang seakan-akan terlalu dipaksakan. Sebuah film tentang mimpi yang tidak menjual mimpi. Penggambaran suasana kumuh India sangat berkesan realistis. Buang jauh-jauh bayangan film India yang indah dengan tarian-tarian, kostum warna-warni, dan aktor serta artis yang selalu ingin terlihat bagus didepan kamera. Tidak ada karakter tampan yang selalu naik mobil sport mewah dan selalu berkacamata hitam. Tidak ada karakter cantik yang tinggal dirumah mewah lengkap dengan kehidupan jetsetnya. Yang ada hanya kenyataan yang sesungguhnya terjadi. Kehidupan yang hampir tidak pernah di ekspos oleh sineas-sineas lokal India.

Film ini bukan film sempurna, namun bukan berarti jelek. Ada beberapa hikmah yang bisa diambil. Cobalah duduk sejenak dan nikmati suguhan ini.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s