Meat Grinder [Cheuat Gon Chim]


meat-grinder_new-poster03

Tahun rilis: 2009

Sutradara: Tiwa Moeithaisong

Pemain: Mai Charoenpura, Rattanaballang Tohsawat, Duangta Tungkamanee

Apa yang ada dipikiran anda begitu melihat perempuan menyuapi bola mata kepada seseorang yang terlihat duduk tersiksa dihadapannya? Pikiran langsung terbayang akan film gory semacam Saw atau Hostel. Tidak sedikit pula yang berfikir ini film horor. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah. Film ini memang slasher movie dan tentu saja efeknya dapat menimbulkan horor bagi yang menontonnya.

Dengan berlatar belakang 30 tahun yang lalu, saat terjadi insiden pembantaian mahasiswa Thammasat di Thailand, film ini berjalan pelan dan lebih banyak menghadirkan gambar-gambar bisu. bercerita tentang seorang perempuan penjual mie bakso yang ternyata memiliki rahasia dibalik resep baksonya. Dia menggunakan daging manusia. Terdengar menyeramkan memang, seorang perempuan tega memotong-motong tubuh manusia dan menjadikannya bakso untuk restoran mienya. Sebuah trauma masa lalu memaksanya berubah menjadi sosok gila yang misterius dan penyendiri.

Beberapa menit awal, film terlihat menarik dan mengundang ekspektasi. Namun, beberapa menit kemudian alur menjadi rancu dan film berubah membosankan. Ditambah lagi penggunaan background music yang malah merusak esensi cerita. Beberapa adegan bisu ditampilkan dengan datar, membuat penonton menunggu dan bertanya-tanya apa maksud sang sutradara menampilkan adegan tersebut. Penempatan adegan flashback yang cukup mengerutkan kening karena berantakan dan tidak adanya kejelasan timeline yang dipakai juga membuat penonton bingung.  Adegan-adegan tersebut terkesan loncat-loncat dan di letakkan dengan asal. Entah ini kesalahan editing atau memang sang sutradara ingin membuat film ini terkesan abstrak dan berseni.

Intinya, film ini mengangkat tema yang menarik namun dieksekusi dengan kurang baik. Bagi anda yang menyukai film-film sadis semacam ini, mungkin tidak masalah asal banyak adegan potong-memotong anggota tubuh didalamnya. Namun bagi anda yang sekedar mencari hiburan, film ini akan membuat anda malah sibuk bertanya-tanya. Pilihan ada pada anda.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s