X-Men Origins: Wolverine


hr_posters_2

Tahun rilis: 2009

Sutradara: Gavin Hood

Pemain: Hugh Jackman,  Liev Schreiber, Danny Huston.

James Howlett adalah bocah yang sakit-sakitan, kondisi tubuhnya sudah lemah sejak lahir. Suatu malam dia harus menghadapi sebuah kenyataan yang pahit. Malam itu menjadi awal dari kisah hidupnya yang berliku. Bersama saudara sedarahnya, Victor Creed, James memutuskan untuk meninggalkan tempat kelahirannya sampai akhirnya bergabung dengan pihak militer Amerika. Di anugerahi darah mutant, James dan Victor dapat hidup lebih lama dari manusia normal. Berbagai perang dilalui sampai akhirnya sebuah insiden membuat mereka di bebas-tugaskan. Pejabat militer bernama William Stryker berhasil membujuk mereka untuk bergabung dengan tim mutant bentukannya. Bersama, mereka melaksanakan misi-misi rahasia. Karena berbeda sudut pandang, akhirnya James -yang sudah mengganti namanya menjadi Logan- meninggalkan tim. Enam tahun berlalu, satu-persatu anggota tim Stryker dibunuh. Logan yang tadinya tidak mau terlibat akhirnya menyetujui ajakan Stryker untuk mengubah tubuhnya menjadi senjata. Dengan tulang yang dilapisi Adamantium, Logan memakai codename baru: Wolverine dan hidupnya kini dipenuhi dendam.

Melihat plot diatas tentu menarik sekali, apalagi bagi penonton awam yang merasa ini lah asal muasal Wolverine. Ini lah latar belakang kisah salah salah satu tokoh komik Marvel yang terkenal. Lain bila anda pernah membaca komiknya. Berbagai kekecewaan mungkin mulai muncul saat pertama kali film ini dimulai. Perubahan dalam film memang kerap terjadi dan ini wajar, namun bila sampai merusak apa yang sudah ada, ini yang tidak bisa diterima. Dari awal film ini sudah ngawur dengan sengaja membuat James Howlett dan Victor Creed saudara sedarah.  Banyak karakter-karakter penting yang sengaja dihilangkan seperti Dog – teman masa kecil James-, Rose -cinta pertama James-, dan Smitty -atasan sekaligus figur pengganti ayah bagi James-. Banyak sekali perubahan-perubah yang justru membuat film ini semakin terlihat buruk.  Lebih diperparah lagi dengan dijadikannya Logan -tukang kebun keluarga Howlett yang kemudian identitasnya dipakai oleh James- sebagai ayah dari Victor Creed dan James Howlett.

Satu hal yang lebih mengecewakan lagi adalah munculnya Weapon XI. Andai saja Weapon XI bukan Wade Wilson. Andai saja Weapon XI tidak diberi codename: Deadpool, mungkin film ini bisa sedikit tertolong. 20th Fox memang punya reputasi buruk dalam dunia film. Deadpool adalah karakter unik dan memiliki karisma tersendiri dimata pembaca komik. Tokoh cerewet yang selalu bertingkah lucu, gila dan tidak mudah ditebak, tiba-tiba menjadi karakter bisu setengah mesin yang bergerak berdasarkan perintah dari komputer yang dikendalikan Stryker. Bagaimana mungkin tokoh yang memiliki julukan “Merc With A Mouth” dibuat tanpa mulut? Ini jelas sudah melenceng jauh dari yang seharusnya. Satu lagi kegagalan 20th Century Fox dalam mengadaptasi sebuah cerita.

-Adjie-

Satu pemikiran pada “X-Men Origins: Wolverine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s