Green Day – 21st Century Breakdown


4257_1060638598124_1290690282_30150702_5691078_n

Tahun rilis: 2009

Penyanyi/Band: Green Day

Judul album: 21st Century Breakdown

Jangka waktu yang lumayan lama bagi Green Day untuk merilis album baru setelah American Idiot 5 tahun yang lalu. Apa yang ditawarkan oleh mereka kali ini? Daily Chapter akan sedikit mengupas seperti apa album terbaru mereka.

Album ini dibagi menjadi 3 segmen: Act 1 – Heroes and Cons, Act 2 – Charlatans and Saints, dan Act 3 – Horseshoes and Handgrenades Masing-masing segmen dibagi menjadi 6 lagu, jadi total lagu di album ini menjadi 18.

Masih mengandalkan jurus 3 chord, Green Day kembali mengusung apa yang mereka sebut sebagai Punk Opera. Tiap lagu disusun agar terangkai satu cerita utuh. Tiap lagu dibuat saling berhubungan. Terdengar tidak asing? Ya, seperti yang sudah bisa di prediksi, perubahan dalam segi musik yang mereka lakukan di album American Idiot pasti akan membawa dampak dalam musik mereka kedepannya. Tema lirik menjadi dalam dan terkadang kelam, musik dominan diramu dengan tempo yang pelan pada awal dan penuh distorsi menjelang akhir. Hal ini yang membuat album ini terdengar sedikit membosankan. Green Day yang sekarang adalah Green Day baru. Kita tidak akan lagi menemui Green Day yang kita kenal melalui album Dookie, Nimrod, atau Warning.

Banyaknya hal minor yang mengurangi nilai album ini tidak lantas membuat albumnya jelek. Mungkin akan banyak penggemar Green Day yang kecewa karena mereka tidak menemukan sesuatu yang mereka cari, namun dalam beberapa aspek, album ini bisa dikatakan sebagai bentuk pendewasaan musik Green Day itu sendiri. Seperti yang tadi sudah disinggung, disini kita bisa melihat perkembangan musik dan tema lirik mereka, lebih dewasa dan dalam.

Irama yang menarik dan unik ada dibeberapa lagu, seperti rockabilly yang seakan membawa kita pada era mafia jaman dulu. Selebihnya, sound mereka terdengar modern. Vokal falsetto Billy Joe Armstrong adalah kejutan tersendiri. Sesuatu yang tidak kita duga akan dilakukan olehnya. Ini membuat lagu-lagu dialbum ini terdengar lebih bernyawa dan memiliki emosi tersendiri. Secara keseluruhan, album ini lumayan dan layak dikoleksi untuk melengkapi koleksi album Green Day anda.

-Adjie-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s