Transformers: Revenge of the Fallen


96mcs8

Tahun rilis: 2009

Sutradara: Michael Bay

Pemain: Shia LaBeouf, Megan Fox, Josh Duhamel, Tyrese Gibson, John Turturro

Masih terpukau dengan suguhan special effect yang dasyat pada film Tranformers dua tahun yang lalu, ekspektasi menjadi begitu tinggi akan film kedua ini. Terlebih lagi dengan hadirnya beberapa gambar design yang sempat keluar, bocoran kisah melalui komik prekuel dan adaptasi film, serta tentu saja banyaknya versi trailer, TV Spot, dan special preview. Mungkin akan banyak yang kecewa kalau Daily Chapter mengatakan film ini tidak memuaskan ekspektasi yang sudah terbangun tersebut.

Transformers: Revenge of the Fallen banyak sekali menyuguhkan kehebatan special effect yang tentu saja menjadi nilai jual utama film ini. Untuk plot, harus diakui lebih berbobot dari film pertama. Bila dulu plotnya terkesan biasa saja dan lebih mengandalkan adegan aksi, untuk kali ini bisa dikatakan seimbang antara cerita dan aksi. Interaksi karakter manusia juga lebih banyak dan kali ini terlihat jelas bahwa karakter manusia adalah bagian terpenting dalam cerita. Michael Bay tampaknya ingin para karakter manusia ini benar-benar memiliki peran dan bukan sekedar tempelan untuk melangkapi kisah perseteruan Autobot dan Decepticon.

Hal lain yang menarik adalah di tampilkannya Pretender dari pihak Decepticon untuk memata-matai Sam. Untuk yang belum tahu, Pretender adalah anggota Decepticon yang mampu menyamar dalam wujud manusia. Jumlah robot yang bertambah banyak menjadi poin menarik, namun sayangnya, terlalu banyak karakter membuat kurangnya pendalaman karakter dan porsi tiap-tiap karakter menjadi sedikit dan malah beberapa hanya mendapat kesempatan tampil selama kurang dari dua atau tiga menit, bahkan ada yang cuma hadir dalam hitungan detik saja. Ini terlihat jelas dalam kubu Autobot. Tentu saja hal ini sangat mengecewakan. Seperti contohnya karakter Jolt di kubu Autobot yang hanya mendapat jatah saat para Autobot berkendara bersama di jalan raya lalu muncul dalam bentuk robot saat di pangkalan NEST, setelah itu tidak muncul lagi sama sekali, bahkan dalam adegan pertampuran di gurun. Ratchet dan Iron Hide pun hanya mendapat porsi kecil. Karakter baru yang perlu mendapatkan perhatian adalah Skids, Mudflap, dan Sideswipe dari kubu Autobot, dan Soundwave, Jetfire, serta Wheelie dari pihak Decepticon.

Kali ini pihak Decepticon mendapat porsi lebih banyak, bukan hanya dalam perkembangan karakter yang di tampilkan dengan lebih banyak dialog, namun juga jumlah mereka yang jauh lebih banyak dari Autobot, baik yang sudah berada dibumi maupun yang baru datang dan masih dalam wujud Cybertronian mereka.Yang unik, ternyata para Constructicon dalam kelompok Decepticon terdiri dari lebih dari satu karakter untuk kendaraan yang sama. Satu kendaraan untuk bertarung dalam wujud robot, dan satu lagi untuk bergabung menjadi Devastator, robot raksasa yang memiliki intelegensia kecil dan hanya mengandalkan kekuatan yang mampu merusak apa saja yang ada di hadapannya. Puas rasanya melihat warna-warni di pihak Decepticon dengan hadirnya Long Haul, Scrapper, Scavenger, dll.

Seperti di singgung diatas, cerita mengalami perbaikan dari film pertama. Lalu, adegan aksi ditampilkan dengan sangat baik namun dengan eksekusi yang kurang memuaskan. Pergerakan antar robot yang terlalu cepat dan kurangnya fokus untuk beberapa adegan. Bagaikan menyaksikan layar bioskop yang goyang terkena gempa, dasyat dan membuat pusing. Cerita yang menggantung sangat membuka peluang besar untuk film ketiga. Transformers: Revenge of the Fallen adalah sebuah tontonan hiburan yang sangat menghibur. Kesan wah berhasil di terima oleh penonton. Namun untuk sebuah film secara keseluruhan, masih banyak yang harus di perbaiki. Ini PR untuk Michael Bay, karena sudah jelas kisah ini masih akan berlanjut.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s