Iron Man 2


Tahun rilis: 2010

Sutradara: Jon Favreau

Pemain: Robert Downey, Jr., Don Cheadle, Mickey Rourke, Gwyneth Paltrow, Scarlett Johansson, Sam Rockwell, Samuel L. Jackson

Masih segar dalam ingatan tentang film Iron Man pertama yang berhasil menghadirkan hiburan ringan yang menarik sekaligus memuaskan dahaga para fanboys komik. Kini Iron Man 2 hadir di layar lebar dan di harapkan dapat memberikan sesuatu yang lebih di banding film pertama yang sukses secara global.

Film kali ini menitik-beratkan pada Amerika yang mulai khawatir akan teknologi yang di kembangkan oleh Tony Stark. Amerika secara arogan meminta Tony untuk menyerahkan Armor Iron Man dan segala teknologinya kepada mereka. Tidak kalah arogan, Tony menolak permintaan itu dan secara menakjubkan, mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Tony Stark di gambarkan lebih arogan dan terkesan sombong di film kedua ini. Namun itu hanya di permukaan, yang sebenarnya terjadi adalah, Tony sedang sekarat, lemah dan tak berdaya menghadapi kesehatannya yang perlahan menurun. Teknologi yang dia kembangkan malah justru menggerogoti tubuhnya secara perlahan.

Interaksi antar karakter di buat memanas dan tingkah laku Tony mulai menunjukkan gelagat yang mengkhawatirkan. Stress membuatnya sedikit kehilangan arah. Hubungan Tony dengan orang-orang terdekatnya sedikit merenggang dan konflik di perpanjang dengan hadirnya Ivan Vanko, anak dari Anton Vanko yang memiliki masa lalu dengan Howard Stark, ayah Tony Stark.

Aksi yang di tampilkan kali ini lebih maksimal dengan di hadirkannya drones buatan Ivan yang dia kembangkan dari hasil teknologi perusahaan Justin Hammer, saingan Tony Stark dalam membuat senjata perang.

Porsi tiap karakter terlihat sama rata. Tidak ada yang menonjol dan mendominasi. Malah Ivan, sebagai musuh utama terlihat biasa saja tanpa gereget, kurang berkharisma.  Latar belakang cerita yang ringan dan klise di tutupi oleh aksi pamer special effect yang menawan, terlihat real dan bersih. Jelas film ini di hadirkan sebagai hiburan semata, sesuatu yang tidak perlu di pikirkan secara dalam. Cukup duduk dan nikmati.

Entah karena penulis naskahnya kurang kreatif atau karena hal lain, humor-humor yang di pakai oleh Justin Hammer dan Tony Stark terdengar mirip, walaupun di bawakan dengan gaya penuturan yang berbeda. Terkesan agak “garing” walau berhasil memancing tawa.

Sinematografi yang baik, visualisasi yang indah dan alur cerita yang terbangun rapi membuat film ini menarik dan sedikit banyak dapat menutupi detil-detil kecil yang tidak terlalu penting. Sayang menjelang akhir berubah agak berantakan dan berkesan terburu-buru. Untuk penggemar grup band asal Australia, AC/DC, lagu-lagu mereka yang melatari beberapa adegan di film ini tentu menambah antusiasme tersendiri.

Secara keseluruhan, Iron Man 2 adalah hiburan yang benar-benar menghibur walaupun belum bisa di katakan sebagai film yang bagus.

Beberapa easter egg hadir untuk memuaskan para fanboys yang menantikan suguhan film-film Marvel selanjutnya yang sudah masuk dalam daftar produksi seperti Thor, Captain Amerika, dan Avengers. Marvel memang sengaja ingin menciptakan universe di luar komik melalui film-film mereka. Dengan strategi memasukkan beberapa unsur superhero lain ke dalamnya. Selain sebagai strategi marketing yang bagus, juga untuk membuktikan kalau apa yang mereka rencanakan akan benar-benar terjadi.

Satu lagi, jangan beranjak dari kursi anda setelah film berakhir, tunggu sampai credits selesai dan akan ada adegan tambahan yang walau sebentar namun patut di tunggu.

-Adjie-

5 pemikiran pada “Iron Man 2

  1. Sehabis credits selesai, ada adegan tambahan untuk promosi film Marvel selanjutnya, Thor.🙂

  2. ouwh.. perasaan tadi engga ada deh.. >.<' kirain adegan yang dimaksud masih tentang Iron Man 2.. siapa tahu Iron Man 3.. (*hoping) =P

  3. Udah di tunggu sampe semua tulisan di creditsnya habis? apa film habis langsung keluar?😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s