Exam


Tahun rilis: 2010

Sutradara: Stuart Hazeldine

Pemain: Colin Salmon, Jimi Mistry, Luke Mably, Gemma Chan

Mereka adalah 8 kandidat yang berhasil melewati seleksi ketat untuk menjadi karyawan sebuah perusahaan farmasi besar. Dengan bangga mereka memasuki ruang ujian untuk melaksanakan ujian terakhir. Di depan mereka tergeletak selembar kertas dan satu buah pensil. 80 menit diberikan kepada mereka untuk menjawab pertanyaan. Masalahnya adalah, kertas ujian tersebut putih bersih tanpa pertanyaan.

Diatas adalah inti cerita dari film Exam. Sebuah film drama psikologis Inggris garapan sutradara Stuart Hazeldine. Untuk yang kurang menyukai tema film semacam ini mungkin akan bosan bahkan tidak berminat untuk melanjutkan menonton. Selain karena adegan film yang hanya di satu ruangan, juga karena film ini berisi banyak dialog. Namun bila anda menyimak lebih jauh, ini adalah sebuah tontonan yang menarik.

Film ini mengupas perilaku manusia. Memaksa mereka untuk jujur menunjukkan siapa diri mereka sebeneranya. Tidak ada lagi topeng yang menutupi. Film ini juga mengajarkan pentingnya teamwork dan rasa saling percaya antara sesama rekan kerja.

Nama para karakter tidak pernah diberi tahu sepanjang film. Mereka berinteraksi dengan menggunakan julukan yang di berikan oleh seorang peserta ujian yang agak rasis yang mendapat julukan White. Dia lah yang memutuskan untuk menggunakan julukan sebagai nama panggilan mereka.

Menyenangkan sekali menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Film yang penuh teka-teki yang saat terpecahkan akan membuat anda bilang “oh, begitu toh”. Anda akan ikut dibawa berfikir untuk memecahkan teka-teki kertas ujian yang kosong.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s