9 Wat (Secret Sunday)


Tahun rilis: 2010

Sutradara: Saranyoo Jiralak

Pemain: Siriphun Wattanajinda, James Alexander Mackie, Penpak Sirikul, Pharadorn Sirakovit

Sebuah film horor Thailand yang dirilis tahun kemarin. Kisah yang mengambil tema dasar karma, sebuah tema yang sudah sangat sering diangkat dalam film-film horor Thailand. Yang membuat film ini sedikit berbeda adalah dimasukkannya unsur Roadtrip didalamnya. Menarik dan terkesan beda.

Ceritanya sendiri berputar pada tiga karakter utama; seorang perempuan bernama Pun dan kekasihnya Nat serta seorang biksu yang sedang menjalani ritual. Pun dan Nat memiliki karma yang jelek sehingga selalu dikejar-kejar oleh mimpi buruk yang menakutkan. Untuk membersihkan karma jelek tersebut, mereka harus mengunjungi 9 kuil (wat) dan berdoa untuk keselamatan mereka. Bersama sang biksu, mereka bertiga akhirnya melakukan perjalanan spiritual mengunjungi 9 kuil.

Tone yang digunakan dalam film ini sangat suram, menambah kesan ngeri dan anker, terutama untuk adegan-adegan di hutan atau tempat-tempat sunyi lainnya. Sinematografi yang di tampilkan pun cukup baik dan tidak membuat mata sakit menonton. Yang sedikit membingungkan adalah twist yang terkesan dipaksakan. Premis diawal film cukup menarik lalu sedikit demi sedikit berubah lambat dan membosankan.

Dialog-dialog panjang membuat alur cerita kurang menarik untuk diikuti. Beberapa kali penjelasan yang sama terus diulang-ulang. Adegan-adegan penampakan arwah pun kurang mencekam, terlalu biasa dan lebih mengandalkan efek suara yang mengagetkan.

Terakhir, bila anda penyuka film horor Asia, tidak ada salahnya untuk menonton 9 Wat untuk bahan referensi perbandingan film horor Thailand dan Indonesia sekarang ini.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s