Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides


Tahun Rilis: 2011
Sutradara: Rob Marshall
Pemain: Johnny Depp, Penélope Cruz, Ian McShane, Geoffrey Rush, Kevin McNally, Richard Griffiths, Stephen Graham, Sam Claflin, Astrid Bergès-Frisbey

Kisah petualangan bajak laut Jack Sparrow kembali berlanjut, kini Jack adalah kapten kapal yang luntang-lantung tanpa kapal. Kerjaan Inggris menawarinya sebuah pekerjaan untuk mencari ‘The Fountain of Youth”, pekerjaan yang mangharuskan Jack Sparrow tunduk dan menjadi awak kapal kapten kapal Inggris yang ternyata adalah Kapten Barbossa, mantan bajak laut yang kini mengabdi di kerjaan Inggris. Jack yang tidak mau diperintah oleh kapten lain lalu melarikan diri.

Plot diatas adalah cerita utama dari film keempat Pirates of the Caribbean. Beda dengan tiga film sebelumnya, On Stranger Tides adalah pembuka dari trilogi baru yang sedang disiapkan Disney. Nantinya, trilogi baru ini akan menjadi petualangan baru kapten Jack Sparrow.

Hambar, membosankan dan membuat ngantuk, tiga kata yang sangat pas untuk merangkum film ini. Kenapa? dialog-dialog panjangnya berputar-putar menghabiskan hampir separuh durasi film, karakterisasi para pemainnya yang kurang dalam, lalu latar belakang para karakter baru yang tidak dijelaskan secara jelas, bahkan karakter Philip Swift dan putri duyung Syrena terlihat sekali hanya menjadi tempelan untuk menggantikan pasangan Will Turner dan Elizabeth Swann di tiga film sebelumnya. Hubungan menarik manusia-putri duyung yang harusnya bisa digali lebih dalam dibiarkan menjadi bagian kecil dari keseluruhan film yang dari awal saja sudah bisa diprediksikan akan membosankan dan klise.

Petualangan baru memang tidak mesti menjadi lebih menarik dari petualangan sebelumnya. Sebagai sebuah pembuka, On Stranger Tides tidak memberikan kesan apa-apa setelah menonton. Hampir tidak ada adegan memorable yang membuat penonton berdecak kagum. Kurangnya adegan aksi diatas laut turut mempengaruhi. Apa artinya menonton film tentang bajak laut bila tidak ada aksi perang antar kapal yang menakjubkan? Jadi, anda tidak sendirian bila saat menonton anda gelisah ingin tahu kapan film ini selesai, rasanya ingin sekali cepat-cepat keluar dari bioskop.

Bagaimanapun, bagi penggemar Jack Sparrow, film ini bisa membuat rasa kangen anda terobati. Jangan lupa untuk menyaksikan kredit akhir film sampai selesai karena ada ending rahasia yang mengarah pada film selanjutnya.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s