The Hundred-Foot Journey (2014)


THE HUNDRED-FOOT JOURNEY

Sutradara: Lasse Hallström

Pemain: Helen Mirren, Om Puri, Manish Dayal, Charlotte Le Bon

Mimpi yang terlalu besar terkadang membuat ego manusia bertambah besar. Keluarga Kadam dari India harus berkelana keliling Eropa demi mengejar impiannya sang ayah membuka restoran Mumbai dan mengenalkan kuliner India kepada dunia, sebuah mimpi yang tidak muluk-muluk, namun membutuhkan usaha yang begitu berat. Sementara anak laki-lakinya, Hasan Kadam, memiliki impian yang berbeda dengan sang ayah, menciptakan kuliner baru yang merupakan penggabungan dari kuliner India dengan kuliner Eropa, sampai akhirnya takdir membuat rem mobil mereka rusak setelah melewati perbatasan Perancis, takdir membuat mata mereka melihat sebuah kota kecil bernama Saint-Antonin-Noble-Val di kejauhan, dan di kota kecil ini lah semua yang mereka impikan bermula.

Sebuah kisah yang menyentuh, namun tidak terlalu luas mengeksploitasi romance chemistry antar karakter utama. Ya, mungkin karena sang sutradara ingin lebih fokus pada tema kuliner. Film ini bukan hanya menunjukkan cara memasak, namun juga sedikit mengajarkan filosofi memasak. Rasa dari masakan yang disajikan akan sangat bergantung pada suasana hati sang chef saat membuatnya, hal ini yang dititik beratkan dalam The Hundred-Foot Journey. Makanan dapat menjadi jembatan untuk menembus hal-hal yang tidak dapat dikatakan secara langsung, menjadi media komunikasi yang begitu kuat.

Namun, kurangnya sisi romance ditutupi oleh tema keluarga yang begitu kental. Budaya kekeluargaan India yang begitu kental sangat ditunjukkan dan kontras dengan budaya Eropa, dalam hal ini, Perancis. Berseberangan dengan hal tersebut, film ini menjadi suguhan film bertema kuliner yang wajib di tonton.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s