Pendekar Tongkat Emas (2014)


pendekar-tongkat-emas

Judul: Pendekar Tongkat Emas

Sutradara: Ifa Isfansyah

Pemain: Eva Celia, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Tara Basro, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Aria Kusumah, Darius Sinathrya, Prisia Nasution

Oke, pertama lihat trailer film ini, minat gw benar-benar terpanggil. Film silat Indonesia! itu yang menarik minat. Ya, sudah beberapa tahun belakangan, bioskop kita penuh sama film horor yang boro-boro serem, bikin kaget juga ngga! Belum lagi menjamurnya film-film bertema religi yang walaupun ada beberapa yang saya akui bagus, tapi banyak juga yang ngga perlu diingat lagi kalau kita pernah tonton. Itu belum seberapa, masih banyak film-film komedi kelas B dengan jokes-jokes mesum murahan yang sumpah ngga lucu! Oke, cukup curhatnya dan kita fokus saja sama film arahan sutradara Ifa Isfansyah ini.

Sebelum ke bioskop untuk menonton film ini, dibenak gw terus saja terbayang-bayang film kolosal Korea, ntah karena ada kemiripan tone, ataupun gaya berpakaian yang dipilih. Baru menit-menit awal film ini mulai, saya langsung terpana dengan sinematografi yang di tampilkan. Gambar-gambar landscape yang menunjukkan bumi Sumba, sungguh bikin mulut menganga – ini cuma ungkapan tentu saja, ngga asik juga kalo nganga didalam bioskop -.Langsung buyarlah bayangan Korea yang sempet mengganjal. Ini film silat Indonesia! Ini Indonesia!

Dari segi cerita, kurang lebih serupa dengan film-film bertema seperti ini, balas dendam, persaingan dan pengkhianatan. Filmnya sendiri menceritakan tentang Cempaka yang merupakan keturunan terakhir pewaris ilmu silat Tongkat Emas. Dia berhenti dari dunia persilatan saat namanya berada dipuncak kejayaan dan menjadi legenda silat Sumba. Hari-harinya dilalui dengan menurunkan ilmunya kepada empat orang muridnya; Biru, Gerhana, Dara, Angin. Oke, dari pilihan nama, saya akui ini cheesy banget dan ngga berciri khas Indonesia sama sekali, tapi sudahlah, hal itu bisa dikesampingkan. Cempaka tahu bahwa usianya sudah tidak lama lagi, sehingga dia harus menurunkan ilmu legendaris Tongkat Emas kepada salah satu dari keempat muridnya, dan disinilah kisah mulai menarik!

Selain menggambarkan keindahan alam Sumba yang begitu menakjubkan, koreografi pertarungan yang ditampilkan juga indah sekali. Pergerakan kamera yang cepat, berhasil menangkap esensi silat yang hendak ditampilkan, sehingga tidak monoton bagi siapa saja yang menonton. Dan sudah saya tetapkan, ini adalah film Indonesia terbaik tahun 2014 versi gw!

Beberapa hal yang patut menjadi perhatian adalah akting Eva Celia yang total. Gerakan-gerakan silat yang ditampilkan begitu santai, tegas dan lu akan percaya bahwa dia adalah pendekar silat. Sudah lama kita tidak memiliki film silat berkualitas seperti ini. Gw kira setelah duologi The Raid, ngga akan ada lagi film silat Indonesia yang bisa memukau. Ternyata gw salah.

Jadi bila memang lu belum sempat menonton dan kebetulan film ini masih ada di bioskop di kota lu, jangan di sia-siakan, lu akan mendapatkan kepuasan yang sebanding dengan harga tiket yang dibayarkan!

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s