Self/Less – Apa yang akan kamu lakukan bila ajal sudah dekat?


url

Kematian adalah hal yang pasti datang, diminta atau tidak. Ngga ada yang tahu kapan kematian akan datang. Namun, bila kamu tahu dan merasa kalau ajalmu sudah dekat, apa yang akan kamu lakukan? Sebuah pertanyaan yang terus terngiang-ngiang dikepala Damian Hale (diperankan oleh Ben Kingsley), seorang miliuner dan raja bisnis yang  di diagnosa menderita kanker dan hidupnya di vonis tinggal beberapa hari. Dibalik keresahannya, Damian menemukan sebuah kartu nama berlogo Phoenix yang lalu membawanya kepada Profesor Albright (diperankan oleh Matthew Goode), seorang ilmuwan dalam bidang ‘shedding’, sebuah ilmu yang memungkinkan untuk memindahkan kesadaran seseorang kedalam tubuh lain yang telah didesain secara genetika agar sehat dan tidak akan sakit. Putus asa, Damian lalu menyetujui prosedur tersebut agar dapat hidup abadi dengan tubuh yang lebih muda, walau mengetahui konsekuensi yang akan dihadapinya. Setelah melalui prosedur pemindahan kesadaran tersebut, Damian diberikan identitas baru bernama Edward Hale (diperankan oleh Ryan Reynolds) dan diminta untuk melupakan kehidupan lamanya dan tidak menemui orang-orang yang dikenalnya semasa menjadi Damian, termasuk anak perempuannya, Claire (diperankan oleh Michelle Dockery). Prosedur ini juga mengharuskan Damian untuk meminum sebuah pil berwarna merah yang menurut Profesor Albright, merupakan prosedur rutin selama masa adaptasi. Semua berjalan lancar bagi Damian yang menikmati tubuh dan kehidupan barunya, sampai suatu ketika, dia lupa meminum pil merahnya.

Jujur, ini film premisnya menarik banget buat gw. Sekedar refreshing dari film-film action mainstream belakangan ini. Memilih untuk nonton film ini juga bukan tanpa alasan. Deretan pemainnya juara banget, mulai dari Ben Kingsley, yang walaupun cuma main di sepertiga awal film, namun tetap menunjukkan kelasnya sebagai aktor. Aktingnya terlihat natural dan manusiawi sekali dalam menterjemahkan skrip menjadi bentuk dialog yang enak didengar. Ada juga aktor kawakan Victor Garber yang berperan sebagai Martin O’Neill, sahabat karib Damian yang sekaligus partnernya dalam merintis bisnis. Walau lebih sering bermain dalam serial televisi, aktingnya di layar lebar juga tidak dapat diremehkan. Lalu tentu saja, Ryan Reynolds. Aktor muda yang lebih sering tampil dalam film-film drama dan komedi romantis, belakangan ini juga mulai dikenal sebagai aktor film-film action, apalagi tahun depan, film terbarunya, ‘Deadpool’, yang sangat dinanti-nantikan oleh para fans Marvel akan tayang. Reynolds disini tidak hanya berperan sebagai Damian, namun juga harus meniru gesture dari karakter Damian yang diperankan oleh Ben Kingsley. Ini bukan sesuatu yang mudah, namun dapat dibawakan dengan baik olehnya.

Yang gw suka banget dari film ini adalah ide ceritanya, salut untuk penulis skripnya. Mengangkat film dengan tema kematian atau kehidupan abadi tidak gampang, apalagi bila harus menggunakan berbagai macam filosofi kehidupan dan penjelasan-penjelasan ilmiah yang pasti akan bikin penonton ngantuk. Nah, kerennya, hambatan ini tidak memulu ditampilkan melalui dialog. Film ini banyak menampilkan gambar-gambar sunyi untuk mengajak penonton turut berpikir. Metode ini juga sukses memperkuat akting karakter-karakternya. Damian tua kerap kali ada pada adegan menyendiri, seakan menggambarkan ketakutan akan mati tanpa ada orang-orang terkasih disekelilingnya. Keseluruhan tone yang digunakan dalam film juga sendu. Penonton seakan diajak untuk merenung dalam setiap adegan, mengajak masuk kedalam pikiran Damian. Hebat! Ingin mencari tontonan yang berkualitas? Ada baiknya mempertimbangkan Self/Less.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s