Hitman: Agent 47 – Membunuh atau dibunuh


Hitman-Agent-47-Movie-Poster-Wallpaper1

Ini kali kedua film Hitman dibuat. Walau memiliki judul dan karakter yang sama dengan film Hitman terdahulu yang diperankan oleh Timothy Oliphant, Hitman: Agent 47 bukan sekuel dari film produksi tahun 2007 tersebut. Film ini adalah reboot dan memiliki alur cerita sendiri yang tidak berhubungan dengan film terdahulunya. Hitman sendiri merupakan film yang diangkat dari serial video game terkenal berjudul sama.

Hitman: Agent 47 menceritakan kisah seorang pembunuh bernama Agent 47 (diperankan oleh Rupert Friend) yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama International Contracts Agency, disingkat ICA. Sebuah organisasi independen rahasia non-pemerintah yang memiliki misi untuk melenyapkan orang-orang penting tertentu diseluruh dunia. ICA diprakarsai oleh seorang ilmuwan genetika bernama Dr. Peter Litvenko (diperankan oleh Ciarán Hinds) yang dengan kemampuannya, mampu memberikan kekuatan, kecepatan, ketepatan, stamina dan kepintaran berpikir jauh diatas manusia normal kepada subjek manusia yang sengaja dipersiapkan sebagai “Agents”. Para Agents yang diberikan tato kode barcode dan nomor pada masing-masing leher belakangnya ini juga dilatih secara khusus agar tidak memiliki rasa empati, cinta, sakit, bersalah dan takut, agar dapat menyelesaikan misi-misi yang diberikan oleh ICA. Melihat bahaya yang akan ditimbulkan oleh proyek ini bila terus berlanjut, timbul rasa bersalah dalam diri Dr. Litvenko yang lalu memutuskan untuk melarikan diri bersama isteri dan anaknya, Katia. Sesuatu yang harus dibayar mahal oleh Dr. Litvenko karena dianggap sebagai pengkhianat. Dr. Litvenko kehilangan isterinya yang terbunuh saat melakukan pelarian dan harus berpisah dengan anak perempuannya, Katia, dan menghilang bersama rahasianya. Waktu berlalu hingga Katia dewasa dan segala keanehan mulai terjadi, terutama ketika dirinya selalu merasa takut diikuti oleh seseorang. Dalam ketakutannya, Katia bertemu dengan pemuda yang mengaku bernama John Smith (diperankan oleh Zachary Quinto) yang bekerja pada sebuah organisasi bernama The Syndicate. John berjanji akan menolong Katia.

Untuk penggemar video gamenya, begitu menonton Hitman: Agent 47, pasti langsung familiar dengan style film yang tampilkan. Film ini memang sengaja menggunakan beberapa elemen penting dalam video game, seperti ketika Katia (diperankan oleh Hannah Ware) berjalan keluar bandara dengan menghindari kamera CCTV, ataupun ketika Agent 47 harus menyamar saat melarikan diri dalam suatu misi. Namun sayangnya, adegan-adegan aksi yang ditampilkan justru tidak terlalu memukau, malah terkesan biasa-biasa saja. Tidak banyak adegan aksi yang memorable disini. Dari segi casting pemain, jelas film terdahulunya memiliki jajaran cast yang lebih baik, namun untuk segi cerita, Hitman: Agent 47 bisa dibilang lebih unggul. Satu hal yang mengganjal adalah Rupert Friend yang memerankan Agent 47. Walau aktingnya tidak bisa dibilang jelek, tetap saja ada sesuatu yang “salah” dalam perannya sebagai seorang pembunuh profesional. Hal yang wajar mengingat aktor yang seharusnya memerankan Agent 47, Paul Walker, meninggal dunia karena kecelakaan tepat beberapa minggu sebelum shooting dimulai, yang membuat studio tidak dapat membatalkan jadwal dan terpaksa mencari penggantinya dalam waktu yang begitu singkat.

Hitman: Agent 47 adalah sebuah film yang sangat nikmat ditonton tanpa ekspektasi. Untuk penonton awam, rasanya tidak sulit untuk mengikuti alur cerita film ini dan dapat menikmati adegan-adegan aksinya. Namun untuk penggemar video gamenya, jangan terlalu berharap banyak dan anggap saja filmnya ini sebagai kisah lain dari seri Hitman.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s