Sicario – Apa arti hukum yang sebenarnya?


MOA01_SICARIO_TransitShelter-2

Sicario dibuka dengan adegan penggerebekan sebuah rumah di Arizona, Amerika Serikat, yang diduga sebagai tempat penyanderaan korban-korban penculikan. Seorang agen FBI bernama Kate Macer (diperankan oleh Emily Blunt) bersama rekannya Reggie Wayne (diperankan oleh Daniel Kaluuya), tergabung dalam tim penggerebekan tersebut.

Betapa kagetnya para agen FBI ini ketika mendapati korban-korban penculikan yang mereka cari ternyata mati secara mengenaskan dan jasad-jasad mereka disimpan dibalik dinding di seluruh penjuru rumah tersebut. Bukan hanya itu, para penculik ternyata juga telah mempersiapkan jebakan bom IED yang lantas meledak dan menewaskan dua orang polisi.

Tidak lama setelah kejadian tersebut, markas FBI didatangi oleh seorang bernama Matt Graver (diperankan oleh Josh Brolin), yang mengaku sebagai penasihat Departemen Pertahanan. Bingung dengan apa yang terjadi, atasan Kate, Dave Jennings (diperankan oleh Victor Graber), lalu menjelaskan bahwa maksud kedatangan Matt adalah untuk merekrut Kate kedalam timnya. Kate yang tidak mengerti lantas menolak, namun setelah Matt menjelaskan bahwa tujuan utama mereka adalah untuk menangkap orang yang bertanggung jawab untuk insiden penculikan dan ledakan yang terjadi sebelumnya, Kate akhirnya menawarkan diri untuk bergabung dengan tim Matt secara sukarela.

Hari berikutnya, Kate dan Matt berangkat dengan pesawat jet pribadi milik Departemen Pertahanan. Disini Kate bertemu dengan rekan Matt, Alejandro Gillick (diperankan oleh Benicio del Toro), seorang mantan pengacara yang perawakannya dingin dan jarang bicara. Anehnya, pesawat yang mereka tumpangi tidak menuju El Paso, Texas seperti yang direncanakan, namun ke Juarez, Mexico, yang lantas membuat Kate mempertanyakan, apa yang sebenarnya terjadi?

Film garapan sutradara Denis Villeneuve ini memiliki alur penceritaan yang sangat lambat, terkadang malah membosankan, namun semua itu bisa terlupakan dengan permainan akting nama-nama besar didalamnya. Sicario bertaburan bintang-bintang keren dengan akting terbaik mereka. Dan secara mengejutkan, akting Josh Brolin sangat baik disini, berbeda dengan aktingnya dalam Old Boy yang kurang mendapatkan apresiasi. Sicario bisa menjadi loncatan kebangkitan karir aktingnya, apalagi setelah perannya di Everest beberapa waktu lalu, mendapatkan banyak pujian.

Walau posternya memperlihatkan para pemain utamanya dalam posisi aksi, namun jangan harap filmnya akan penuh dengan adegan baku-tembak atau ledakan-ledakan yang bombastis. Sicario lebih mengedepankan drama dan konflik internal antar pemainnya. Keresahan Kate, seorang agen FBI yang selalu bertindak berdasarkan hukum dan ketentuan, terpaksa harus menggunakan cara-cara diluar idealismenya. Dan ini dibawakan dengan baik oleh Emily Blunt, terutama ketika karakter Kate yang diperankannya mulai merasa tertekan dan lalu meminta bantuan rekannya, Reggie, untuk datang, sekaligus menjadi penuntun dan penasihat spiritualnya.

Sicario menghadirkan sebuah drama kelam tentang hidup, pilihan dan keputusan, yang pada akhirnya mempertanyakan, apakah hukum yang sebenarnya? Haruskah hukum tercoreng untuk tetap menjaga nama baiknya? Konflik dan tema yang dihadirkan dalam Sicario cukup berat, sehinga memerlukan pikiran yang terbuka untuk mengintepretasikannya.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s