The Revenant – Oscar untuk Leonardo DiCaprio, Mungkin?


The Revenant

Diangkat dari sebuah buku berjudul The Revenant: A Novel of Revenge, film ‘The Revenant’ menceritakan kisah kelam dengan latar belakang politik dagang Amerika di tahun 1823.

Film dibuka dengan adegan sekelompok tentara bayaran dan pemburu pimpinan Kapten Andrew Henry (diperankan oleh Domhnall Gleeson) yang melakukan perburuan hewan liar untuk mendapatkan bulu-bulu berkualitas tinggi yang nantinya akan dijual. Perburuan ini menjadi sangat berbahaya karena mereka harus bersaing dengan kelompok asal Perancis yang menginginkan hal sama. Bukan hanya itu, mereka juga harus selalu waspada terhadap penduduk asli Amerika, suku Indian bernama Arikara, yang mendiami wilayah tempat perburuan tersebut.

Perburuan mereka dibantu oleh seorang pemburu handal bernama Hugh Glass (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) dan anaknya, Hawk (Forrest Goodluck), yang memiliki darah campuran Amerika dan Indian. Keberadaan para tentara bayaran dan pemburu ini tercium oleh suku Arikara yang “terpaksa” bekerjasama dengan pihak Perancis untuk menyingkirkan saingan mereka sebagai jaminan atas keselamatan anak kepala suku Arikara yang menjadi tawanan pihak Perancis.

Setelah mendapatkan serangan yang tidak diduga dari suku Arikara, Kapten Henry dan beberapa anak buahnya yang tersisa, berhasil melarikan diri dengan menggunakan perahu. Namun karena medan yang berbahaya bila perjalanan dengan perahu tetap dilakukan, Glass menyarankan agar mereka melanjutkannya melalui jalur darat. Hal ini ditentang keras oleh salah satu anak buah Kapten Henry bernama John Fitzgerald (diperankan oleh Tom Hardy), seorang tentara bayaran yang egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri.

Kisah baru benar-benar “dimulai” ketika Glass diserang oleh seekor beruang dan berakhir dengan luka parah, sehingga Kapten Henry memutuskan untuk jalan terlebih dahulu untuk mencari bantuan dan meninggalkan Glass bersama Hawk dan dua orang tentara bayaran untuk menjaganya, yang salah satunya adalah Fitzgerald.

Membicarakan Leonardo DiCaprio, tidak lepas dari Oscar. Kenapa? Karena aktor ini sudah berkali-kali menunjukkan akting terbaiknya dan mendapatkan nominasi, namun tidak pernah menang. Kontras sekali dengan kesuksesannya menyabet juara Golden Globe. Dalam film arahan Alejandro G. Iñárritu ini pun, lagi-lagi DiCaprio berhasil menunjukkan kualitasnya. Perannnya sebagai Hugh Glass sangat baik dan mampu menciptakan simpati terhadap karakter yang memiliki latar belakang kelam tersebut. Penggambaran masa lalu Glass dihadirkan dalam kilas balik dan “imaginasi” yang mendukung keseluruhan tone film ini.

Selain DiCaprio, Tom Hardy juga layak mendapatkan pujian disini. Aktingnya sebagai seorang tentara bayaran egois yang setengah gila karena trauma perang benar-benar meyakinkan. Totalitas yang diberikan patut dipuji. Selama ini Tom memang dikenal sebagai aktor yang kerap memainkan berbagai macam peran dan tidak terpaku pada satu jenis genre saja, layaknya DiCaprio. Chemistry yang terjadi antara DiCaprio dan Tom pun dapat dirasakan secara nyata. Kebencian yang ada diantara mereka tergambar dengan jelas walau tanpa dialog sekalipun.

Tidak ada semenit pun waktu yang dilalui untuk menonton film ini terasa membosankan. Alur cerita yang lambat dan penuh nuansa kelam mampu menambahkan kesan dalam. Salah satu kekurangan film ini dari segi sinematografi yang sayangnya biasa-biasa saja. Yang membuat ‘The Revenant’ menarik adalah penempatan simbol-simbol melalui dialog dan visualisasi yang cukup berhasil menggambarkan keseluruhan cerita dan latar belakang karakter-karakter utamanya tanpa harus ditampilkan secara nyata kehadapan penonton. Penonton jadi terbawa emosi dalam setiap adegan yang ditampilkan.

Kembali ke Oscar, apakah ‘The Revenant’ akan menjadi film pertama DiCaprio yang membawanya keluar sebagai pemenang ajang bergengsi insan perfilman tersebut? Kalau melihat kompetitornya tahun ini, sepertinya hal itu mungkin saja terjadi. Tapi, siapa yang tahu, kan? Kita tunggu saja hasilnya.

-Adjie-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s